Apa Itu Vocaloid?

REFARDO™ - Kali ini saya akan memposting beberapa detil posting saya yang dahulu (lihat , bagi yang belum tahu tentang Vocaloid.
Mungkin ada orang yang masih bertanya-tanya Apa itu Vocaloid.
Vocaloid itu sendiri sudah familiar di telinga para penggemar anime / manga dari jepang.
Walaupun Vocaloid sebenarnya bukan anime maupun manga...
Hanya saja, banyak yang menganggapnya demikian.
Hingga ada beberapa yang bertanya dan mencarinya di google dengan pertanyaan "Adakah anime vocaloid" atau keyword "Vocaloid Anime".
Memang, dari tampilan para karakternya, orang-orang bisa menyimpulkan bahwa Vocaloid itu anime..
Tapi sebenarnya tidak, walaupun ada beberapa "klien" anime yang menyangkut tentang Vocaloid ini.

Lalu, sebenarnya Vocaloid ini apa?
Jika anda penasaran, mari simak beberapa penjelasan berikut.


Vocaloid dikembangkan dari proyek penelitian Pompeu Fabra University di Spanyol beserta Yamaha Corporation pada tahun 2000, dan kemudian dikomersilkan oleh Yamaha Corporation. Walaupun sebenarnya proyek ini tidak dimaksudkan menjadi proyek komersil.
Kemudian pada 5 hingga 9 Maret 2003, Vocaloid mulai diperkenalkan sebagai penyintesis suara (voice synthesizer) untuk pertama kalinya di pameran musik jerman yang bernama Musikmesse Frankfurt.

Vocaloid1 Leon Logo
Pada 3 Maret 2004, Vocaloid Leon dan Lola dirilis oleh Zero-G dan kemudian dijual sebagai penyanyi virtual beraliran soul. Selang tiga bulan kemudian, Zero-G merilis Vocaloid Miriam dengan penyedia suara Miriam Stockley. Crypton Future Media kemudian merilis Vocaloid pertama mereka, Meiko, Setahun kemudian.


Vocaloid 2 Hatsune Miku Box Art
Pada tahun 2007, Vocaloid 2 diperkenalkan dan dirilis. Karena waktu yang sangat mepet, Vocaloid versi ini tidak memiliki versi beta test-nya. Lalu, software inipun di-update setelah pengguna melaporkan beberapa masalah yang ada.
Dalam Vocaloid 2 ini, Crypton Future Media juga mengenalkan Character Vocal System, yang menurut saya bertujuan untuk menarik perhatian konsumen (walaupun mungkin tujuan sebenarnya memang begitu).
Character Vocal yang pertama dibuat oleh Crypton Future Media adalah Hatsune Miku. Dan Hatsune Miku pula yang mem-boost penjualan software Vocaloid ini, hingga Crypton Future Media dan Vocaloid meraih banyak penghargaan.

Sekitar tahun 2011, Vocaloid 3 diperkenalkan bersama beberapa voice bank bahasa jepang. Beberapa Studio menyediakan update untuk voice bank Vocaloid 2 agar bisa digunakan di Vocaloid 3. Jika pada Vocaloid 1 dan Vocaloid 2 Pustaka Suara dan software editor-nya digabung menjadi satu, Tidak demikian dengan Vocaloid 3. Software dan Pustaka Suara dijual terpisah. Pustaka Suara itu sendiri hanya berisi versi "kecil" software editor vocaloid 3.
Vocaloid 3 lebih gencar dipromosikan lebih dahulu sebelum waktu rilisnya. Dan, ada beberapa voice bank Vocaloid 2 maupun Vocaloid 1 versi updatenya dimasukkan dalam daftar pustaka suara Vocaloid 3.

Berikut ini beberapa penjelasan untuk Voice bank Vocaloid 1 hingga Vocaloid 3.

Box Art Vocaloid 1 Meiko
Vocaloid 1
  • Meiko
  • Meiko dirilis oleh Crypton Future Media sekitar November tahun 2004. Bahasa antarmuka utamanya menggunakan bahasa Inggris, walaupun Meiko menggunakan fonetik jepang untuk nyanyiannya.
  • Kaito
  • Kaito dirilis oleh Crypton Future Media sekitar Februari tahun 2006. Untuk bahasa antarmuka, Kaito juga menggunakan bahasa inggris walaupun Kaito menggunakan fonetik jepang untuk menyanyi. Kaito satu-satunya Vocaloid yang menggunakan software Vocaloid 1.1, Sementara Vocaloid sebelumnya masih menggunakan Vocaloid 1.0 yang didistribusikan bersama mereka. Namun demikian, dia masih membutuhkan patch tambahan Vocaloid 1.1.2 agar dapat bekerja dengan Vocaloid 1.1
Vocaloid 2
  • Hatsune Miku
    Crypton merilis Hatsune Miku pada 31 Agustus tahun 2007. Selama pengembangan Miku, Crypton memutuskan untuk membuat pendekatan yang berbeda dari yang digunakan oleh penerbit sound bank Vocaloid lain. Kemudian disimpulkan bahwa untuk membuat produk Crypton sukses terjual, tidak hanya dibutuhkan suara yang menarik yang perlu dikembangkan, namun suara itu membutuhkan image. Dalam hal ini, Fokus target untuk Vocaloid Crypton berubah dari studio musik high-end menjadi khalayak ramai, khususnya remaja.
  • Kagamine Rin / Len
    Box Art Kagamine Rin / Len
    Kagamine Rin dan Len dirilis pada 27 Desember tahun 2007. Crypton bermaksud untuk membuat proyek Vocaloid dengan suara gadis remaja muda untuk mengikuti jejak kesuksesan Hatsune Miku. Tapi permintaan untuk suara laki-laki juga ada. Maka dari itu Crypton merekrut seiyuu yang dapat menghasilkan suara keduanya. Karena itu, dalam paket penjualannya, terdapat dua voicebank, walaupun harganya sama dengan Hatsune Miku.
  • Megurine Luka
    Megurine Luka dirilis pada 30 Januari tahun 2009. Dia diperkenalkan pertama kali dengan kode (CV03) dan keberadaannya diketahui ketika promosi rilis versi asli Kagamine. Dia juga dimaksudkan untuk menjadi Character Vocal terakhir. Pada waktu rilisnya Luka, Permintaan untuk Vocaloid berbahasa Inggris mulai tumbuh. Luka menawarkan dua bahasa (Inggris dan Jepang) dalam satu voicebank untuk memberikan kesempatan pengguna Vocaloid Jepang menguji kemampuan mereka dalam Vocaloid yang dapat berbahasa Inggris.
Vocaloid 3
  • Mew
    Mew adalah Vocaloid perempuan berdasar suara penyanyi Miu Sakamoto. Mew dirilis pada 21 Oktober 2011. Mew rencananya dirilis sebagai paket bundel dengan software Vocaloid 3 sebagai pilihan awal bersama VY1 yang dirilis secara terpisah.
  • SeeU
    Box Art SeeU

    SeeU dirilis oleh SBS Artech pada 21 Oktober 2011 di Korea dan 16 Desember 2011 di Jepang. SeeU mempunyai voicebank bahasa Jepang dan Korea, sehingga dia dapat berganti bahasa ketika dibutuhkan. Software bawaannya mengatur agar bahasa Korea menjadi voicebank utamanya. Jika anda ingin SeeU bernyanyi dengan bahasa Jepang, Anda harus mengaturnya secara manual.
    Sebelum waktu rilisnya, SBS Artech mengunggah video pada 8 November 2011 yang isinya beberapa idola korea seperti Jo Kwon dan Jeong Jinwoon dari 2AM, Bang Shi Hyuk, Lim Jeong Hee, David Oh, serta U-Kiss memperkenalkan dan mendukung perilisan SeeU.
  • IA
    IA dirilis oleh 1st PLACE pada 27 Januari 2012. Demo versi beta untuk memperkenalkan IA juga dirilis. Lagu yang dipergunakan untuk demo adalah cover dari salah satu karya asli Lia. Pada 14 Desember 2011, dua lagu demo juga dirilis. Tanggal 13 Januari 2012, Versi penuh demo dirilis melalui Youtube dan Sound Cloud.

Sekian Artikel kali ini,
jika ada kekurangan atau ada yang tidak jelas, silahkan tanyakan melalui form komentar.
Saya akan segera meng-update artikel ini jika anda merasa ada sesuatu yang kurang pas.

Artikel ini saya tulis dengan beberapa sumber. Yaitu :

Hanya Tulisan Mas Edo
gambaredo
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

8 comments

Vocaloid adalah anu umm sesuatu yang dapat dilihat dengan mata

Balas

trus yg dari IPB itu apa min ?
ngakunya Vocaloid Band :v
silah kn di cari di FB :v

Balas

Ooh itu yak ._.
W pernah liat tuh dari timeline fb..
Entahlah... Katanya sih ada asal usulnya mereka pake nama itu...
Tapi w g yakin itu bener, apa mereka cuma liat di internet trus langsung comot :3

Balas

Mantap,, untung ada blog ini. Hampir setahun aq kebingungan dgn "apa itu vocaloid". Walaupun sdh baca catatan di atas aq masih bingung T_T. Dimana aq bisa lebih dalam mempelajari yg satu ini, info2 yg lebih lengkap & bagaimana aq bisa mendapatkan software ini...
(Nt: we msh hijau bngt ghehe..)

http://facebook.com/esblackwingdarkenergy

Balas

Untuk mempelajari ini, kamu bisa gugling di gugel...
Atau, bisa coba "membatik" sendiri setelah kamu instal
Banyak kok yang share tentang cara menggunakan vocaloid ini :D
Oh iya... Sebenarnya, software ini ga gratis (alias mbayar D:)
Jadi, untuk menggunakannya, kamu harus beli..
Tapi, untung aja ada gratisannya (walau ga legal :D)
Kamu googling aja linknya.... Banyak juga kok ;)
Aku juga masih ijo... Karena aku aja baru cuma niat belajar XD

Balas

ijin copas bro, sante aja ane cantumin sumber disini :D

Balas

doumo arigatou gozaimasu! izin copas beberapa, pakai credit kok :)

Balas

 
Innovated by Inspiration
Copyright 2014-Now REFARDO™ | Simplified 2 Nepurple Theme | Some Right's Reserved