Mengatasi Wifi Tidak Menyala pada Windows 10

Windows 10
Selamat malam ^^
Kebetulan saya posting lagi XD
Biasanya nunggu beberapa bulan begitu ya?
Sayang banget soalnya mulai pengen nulis lagi wkwkwk XD

Oke, kita masih bahas Windows 10
Oh btw, Sudah move on ke Windows 10?
Kan kemarin saya saranin buat pindah heheehe
Masak nggak tertarik sama dia?
Udah cakep banyak fiturnya lagi, kayak gw huehuehue

Seperti yang kalian tahu, Windows 10 kan baru rilis
Dan saya juga pernah bilang kalo yang baru-baru itu belum lengkap rasanya tanpa bug wkwkwk
Begitulah sampai akhirnya saya ketemu bug lagi.
Lagi? Soalnya dulu pernah kena tapi lupa apa, karena dah normal wkwk

Bug yang gw alami ini termasuk vital, karena salah satu sarana bagi gw untuk internetan
Ya, fitur Wi-Fi.
Awalnya kaget karena tiba-tiba gak kena, padahal sebelumnya bisa

Kejadiannya begini.
Gw kondisikan sleep laptop tanpa matiin software, dengan di-minimize.
Cuma kebuka adobe photoshop sama google chrome (atau mungkin ada yang lain lupa gw)
Selesai gw sleep, gw nyalain lagi.
Muncul spinner loading, padahal biasanya langsung lock screen.
Mana spinnernya muncul ngilang lagi.
Maksudnya, sedetik ada loadingnya, sekedipan layar item, kemudian muncul lagi dan begitu terus.
Gak bisa masuk ke pilihan shut down, gw matiin paksa.
Begitu nyala eh wifi gw ilang
Langsung instal ulang driver gak ngefek.

Tenang bro, gw beri tahu caranya.
Tapi, ini persyaratannya: kudu punya driver wifi-nya dan sudah terinstal. Dan yang kedua, sebelumnya bisa nyala wifinya. Kalo udah keinstal sebelumnya ya udah gapapa biarin aja, tapi kalo was-was ya instal ulang driver wifinya gapapa kok.
Kocak, karena laptop jaman sekarang biasanya udah bisa wifi-an tanpa instal driver (ya, inul bersih tanpa driver. Biasanya untuk laptop yang langsung windows 8 sih wkwkwk, laptop kekinian)
Terus kenapa bisa sampe ga kena wifinya? Kalo pake windows 10, ya itu mungkin sedikit bug-nya mas.
Plis, easy aja mas, jangan sampe mau dikomporin ga pake windows 10 cuma gara-gara bug kecil dan males troubleshooting. Toh Insider juga banyak.
Bagi anda yang ga mau susah-susah sih ya mending pake windows 7 atau 8 aja, itu yang stabil (y)

Langsung aja yuk
Yang pertama, coba pake shortcut koneksi di laptop dulu buat nyalain wifinya. Kalo ga kena, lanjut ke bawah.
Langkah kedua sbb:

  1. Masuk ke Control Panel (bukan Setting) dan pilih Network and Internet
  2. Pilih Network and Sharing Center
  3. Kemudian klik Troubleshoot problems
  4. Di pilihannya, pilih Network Adapter. Muncul pop-up di Next aja
  5. Tunggu beberapa saat, nanti muncul buat milih Wi-Fi, Ethernet, atau All Network Adapters. Kalo buat Wi-Fi aja, pilih Wi-Fi trus Next.
  6. Tunggu sebentar, nanti ada tulisan Turn on Wireless capability, klik Apply this fix
  7. Tunggu lagi sembari cek lampu indikator wifi di laptop (kalo ada). Kalo sudah nyala berarti sudah kena. Boleh langsung close pop-upnya.
Cuma begitu aja kok caranya.
Kalo masih belum faham, gw tambahin nih caranya pake gambar. Urut ya..
Langkah 1

Langkah 2

Langkah 3

Langkah 4

Langkah 5

Langkah 6


Untuk meminimalisir yang beginian terulang lagi, pelan-pelan aja pake laptopnya jangan buru-buru kek gw (ya itu, sleep begitu aja)
Kemudian selalu update windows 10 lu, dan gunakan driver terbaru dari manufacture laptop lu.
Atau kalo ga yakin driver mana yang stabil karena belum ada driver untuk windows 10, pake aja driver laptop untuk windows 8 lu. Driver windows 7 gapapa sih, cuma kadang ga kompatibel, itu dari pengalaman gw.

Oke kita bahas bug lainnya sedikit.
Bug lain yang gw temuin untuk gw sendiri (karena gw ngira ga bakal ada yang ngalamin kecuali yang sama proci) adalah bug grafik.
Kenapa gw bilang cuma gw? Karena gw udah pernah ngalamin, sekalipun di windows 7.
Waktu pake windows 7,  gw coba update driver Intel HD Graphic 3000 gw dengan update-an dari web intel.
Kelar update, begitu gw shutdown dan nyalain lagi langsung layar semut.
Ya maksudnya jadi ancur gitu lah, yang ada cuma garis-garis monokrom ga stabil.
Akhirnya gw uninstal dan pake driver yang lama.
Begitu juga untuk windows 10 (gw sengaja pake driver yang diinstal dari windows update)
Tapi cuma kadang-kadang aja, dan sama waktunya: waktu nyalain lepi.
Gw sih pengen pake driver yang lama, tapi gw liat dulu kali aja ada update dan beneran update wkwkwk.
Dugaan sementara gw sih, emang karena procinya.
Intel HD kan integrated vganya intel.
"Tapi masak procinya produk gagal?"
Kalo gw bilang, ya. Saking keselnya.
Kenapa? Karena proci laptop ini, seri ULV yang bahkan ga keliatan ULV.
Keliatan ULV gara-gara bilangnya butuh 17W dan ditunjang kapasitas batere laptop kecil.
Udah gitu clock speed-nya disunat besar-besaran lagi, jadi cuma 1.4 GHz (bahkan kalah speednya ama celeron) 
Sandybridge yang cukup kurang ajar gw bilang.
Cuma gara-gara lebih 15 angka di serinya daripada proci i3 sandybridge lawas ga bikin performa meningkat.
Dan cuma gara-gara ULV, sunat sampe performanya hampir kek netbook astajim.
Tapi gw ga peduli karena gw udah telanjur cinta sama ini laptop sekalipun lu bilang lacur wkwkwk

Oke, mungkin sekian dulu.
Kalo masalahnya sama tapi cara diatas ga bisa menolong, mari kita diskusikan di kotak komentar.
Mungkin butuh bantuan untuk yang lainnya, gw coba bantu semampu gw dulu yak.
Akhir kata, bye!

Hanya Tulisan Mas Edo... XD
gambaredo
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

13 comments

Terima kasih, sangat bermanfaat 👍

Balas

Niceeeee !!!! Thank you brot helping banget

Balas
This comment has been removed by the author.

wkwkwk,terima kasih gan. work di ane. awalnya lagi ngegame online, tiba-tiba disconnect,internetnya gak mau connect, ane restart laptop ane, malah ikon wifinya ngilang, sempet panik juga, ini laptop jadi kayak gak ada fitur wifinya (ya kali ada laptop jaman sekarang gak ada wifinya). setelah baca disini 100% work. ane bener-bener terima kasih gan

Balas

Kalau wi fi nya nyambungtapi limited terus gimana caranya biar gak limited, padahal di laptop lain bisa nyambung kenceng

Balas

Tapi gan, gimana kalo udah lagi fixing problem terus malah hang? dan udah direstart segala macem gak bisa, jadi saya gak bisa fixing problem dan restart atau booting aja juga nge hang, minta bantuannya dong gan :) thank's

Balas

udah ngikutin semua caranya tapi promblems foundnya not fixed, harusnya fixed kan min? gmna dong

Balas

Thanks bro.. Terselamatkan ane dari hampanya dunia 😂

Balas

kalo wifinya udah nyala, biarkan aja nggak apa-apa. tapi kalo masih belum nyala, coba pencet switch wireless di laptopnya (kombinasi tombol fn sama function). kalo masih belum nyala juga, coba install ulang drivernya

Balas

kalo sampe di booting hang, coba masuk safe mode, trus restart ke windows yang biasanya, trus coba lagi.

Balas
This comment has been removed by the author.

Makasih banyak min, wifinya udah muncul dan udah bisa digunain lagi, senangnya hatiku turun panas demamku kini aku berinternetan dengan ceria :D
https://goo.gl/cux4Ft

Balas

 
Innovated by Inspiration
Copyright 2014-Now REFARDO™ | Simplified 2 Nepurple Theme | Some Right's Reserved