Kriteria dan Ciri-ciri Laptop Bagus

Kriteria Laptop Bagus
Laptop Bagus
REFARDO™ - Laptop, sebagai salah satu gadget penunjang kemudahan hidup manusia, masih terus berkembang saat ini.
Perkembangannya pun makin pesat dari tahun ke tahun, hingga mungkin tak terasa laptop yang baru dibeli dua tahun lalu ternyata sudah ketinggalan jaman.
Alhasil, mau tidak mau, demi kelancaran berkomputasi anda harus membeli laptop baru.
Laptop memang berbeda dengan komputer, yang komponennya bisa diganti. Hal ini menyebabkan komputer lumayan awet dan sedikit lebih murah daripada laptop yang hampir semua komponennya sudah menjadi satu di motherboard.
Pada bahasan kali ini, saya tidak membahas tentang komputer, melainkan laptop.
Beberapa waktu lalu, teman saya mengatakan bahwa laptop dengan nVIDIA (maksudnya disini adalah VGA nVIDIA) sudah tentu bagus.
Disini, saya hendak meluruskan opini semacam itu.

Sebenarnya banyak faktor yang dapat membuat sebuah laptop dikatakan bagus. Biasanya orang awam mengatakan bahwa laptop yang bagus itu adalah laptop yang branded, sudah terkenal mereknya. Tapi dalam teknisnya, laptop branded tidak selalu bagus, apalagi jika ditelusuri spesifikasinya. Sekalipun branded, jika spesifikasinya rendah atau low end, saya tidak bisa menyebut laptop itu bagus.
Di dunia komputer saat ini, laptop terbilang bagus jika spesifikasi yang dimilikinya paling mutakhir dan kemampuan komputasinya lebih dari rata-rata laptop standar.
Berikut ini akan saya jelaskan satu per satu faktor laptop yang dapat dikatakan bagus dalam segi spesifikasi.

Prosesor Intel Core i7
1. Prosesor (CPU)
Guru komputer saya dahulu pernah mengatakan, sebuah komputer tidak akan bisa menyala sempurna tanpa prosesor. Prosesor adalah inti dari komputer, atau dengan kata lain, otak komputer. Jika prosesor yang digunakan laptop anda adalah prosesor lawas atau prosesor ULV (Ultra Low Voltage), maka jangan harap kemampuan komputasinya akan secepat yang anda bayangkan. Sebagai informasi, prosesor Ultra Low Voltage adalah prosesor yang dikhususkan untuk menghemat penggunaan baterai semaksimal mungkin, walau mengorbankan performa. Biasanya, prosesor low end juga memiliki clock speed yang rendah, di bawah 2GHz. Sehingga, prosesor low end tidak cocok untuk digunakan memainkan game berat.
Agar lebih mudah dalam memilih prosesor yang dapat berperforma matang pada laptop, saya sarankan anda mencari prosesor dengan rentang clock speed 2,4 hingga 3GHz. Lebih baik lagi jika melebihi :D

RAM Corsair 2X4GB Memory Kit
2. RAM (Random Access Memory)
RAM adalah memori komputer yang digunakan untuk menampung sementara data-data dan program yang sedang dijalankan pada komputer/laptop. Akses komputer menuju RAM lebih cepat daripada menuju HDD sekalipun. Karena itu, semakin besar (dalam GB) ukuran RAM, RAM dapat menampung data dalam jumlah besar sekaligus untuk diproses, yang membuat kemampuan komputasi semakin cepat.

VGA nVIDIA GeForce GTX 780M
3. VGA (Video Graphic Array / Video Graphic Adapter)
Selain dua komponen diatas yang perlu diperhatikan, VGA juga perlu diperhatikan bagi yang lebih sering dan intensif menggunakan komputer untuk keperluan grafik. Contohnya adalah gamer, desainer, animator, dsb. VGA diperlukan untuk menampung sementara data-data khusus untuk grafik, sedikit sama seperti RAM. Karena prinsipnya hampir sama seperti RAM, semakin besar (ukuran dalam GB) VGA, semakin lancar dan realistis gambar yang ditampilkan.

Western Digital Blue 1TB
4.HDD (Hard Disk Drive)
Seperti yang anda ketahui, HDD digunakan untuk menyimpan data dalam jangka panjang. Berbeda dengan RAM yang datanya hanya disimpan sementara. Sebagai informasi, ukuran HDD saat ini sudah mencapai Terabyte (TB), bahkan bisa saja lebih dalam waktu dekat. Intinya, semakin besar ukuran HDD, semakin anda bebas menyimpan apa saja.


Faktor yang tidak kalah penting, adalah hardware (seperti yang saya sebut di atas) dan software (driver) yang up-to-date. Maksud up-to-date disini adalah kedua komponen tersebut tidak ketinggalan zaman, yang artinya mengikuti teknologi yang ada saat itu juga. Misalkan VGA nVIDIA GeForce GT8800, tentu saja kalah dengan GeForce GTX 750 Ti karena GT8800 adalah Graphic Card jaman lawas, sekitar tahun 2008 dan GTX 750 Ti adalah Graphic Card yang dirilis beberapa waktu yang lalu. Begitu juga dengan CPU.
Driver, juga perlu untuk up-to-date. Pada setiap rilis update driver, terkadang ada penambahan fitur terbaru atau peningkatan performa. Maka, jangan terlalu sering mengabaikan notifikasi driver yang perlu di-update.

Sebenarnya, laptop bagus itu bergantung pada pribadi. Tergantung kebutuhannya seperti apa. Jika anda hanya memerlukan laptop untuk sekedar browsing dan mengetik, laptop gaming tentu terlalu bagus dan mubadzir. Bukannya sirik, tapi alangkah baiknya penggunaan laptop dapat dimaksimalkan.

Anda sendiri, ingin laptop yang bagaimana?

Hanya Tulisan Mas Edo... XD
gambaredo
Disqus
Blogger
Pilih Sistem Komentar

No comments

 
Innovated by Inspiration
Copyright 2014-Now REFARDO™ | Simplified 2 Nepurple Theme | Some Right's Reserved